Mardigu Wowiek: JUAL APA SEBENARNYA?

Kalau hal yang memberatkan banyak pengusaha adalah modal, hal yang bermasalah berikutnya dalam pengelolaan bisnis berikutnya yaitu “menjual produk” kita.
Seni marketing yang dilanjutkan dengan seni menjual adalah tantangan sebenranya dari pebisnis bukan permodalan.
Banyak pebisnis yang beranggapan kalau punya resep khusus makanan yang enak, maka jualannya akan laku. Banyak yang beranggapan kalau lokasi strategis maka jualannya laku. Banyak yang beranggapan bahwa kalau harga murah dagangannya laku.
Pakem seperti ini biasa terjadi di banyak orang dan tidak salah. Anda harus melewati pemahaman dan melakukan hal seperti ini. Bahkan ada yang berpendapat, harga murah, rasa enak, lokasi di pusat keramaian, bisnis lancar?.
Sebagai pembanding bagaimana kalau kita mennegok sebentar sebuah bisnis makanan. Sekarang kita lihat MC Donald, apa yang di jual MC Donald sebenernya? Jual burger? Jual lokasi? Atau…
Sebagaimana kita ketahui, ada jutaan orang bisa membuat burger lebih enak dari mc Donald, ada jutaan orang bahkan bisa membuat burger lebih murah dari mc Donald. Sekarang mc Donald bukan burger terenak, mc donal bukan burger termurah mengapa ada 36 ribu outlet mc Donald di 119 negara yang melayani 69 juta orang perharinya (69 juta burger bun per hari)?
Apa yang mc Donald jual? Pasti bukan burger khan? Bisa menjawabnya? Bisa menganalisanya? Sengaja saya tidak berikan jawaban dulu agar kita sedikit memperhatikan dan harus menaruh hormat pada pencipta mc Donald dan franchise nya ini. anda semua ingin besar bisnisnya khan? Mari kita analisa mc Donald.
Apa yang membuatnya besar? Apa yang mereka jual sebenarnya? 

Artikel Terkait

Mardigu Wowiek: JUAL APA SEBENARNYA?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email